Tahap-Tahap Pembuatan Tas Punggung


proses pembuatan tas punggung dan membahas tahap demi tahap pembuatannya.


Persiapkan terlebih dahulu model tas punggung dan polanya, kemudian bahan dan peralatan. Untuk model usahakan bisa mengakomodir semua ukuran benda yang akan dibawa lalu buat polanya. Misalnya gambar bagian kantong utama, kantong tengah, kantong depan, jaring, dan juga bagian untuk menyimpan rain cover (pelindung hujan). Tahap selanjutnya adalah Pattern Making dan Cutting. Potong pola-pola bagian tas yang sudah kamu buat,
Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat tas adalah kain denin 1 m (ukuran lebar kain 1.5 m), kain vuring, busa angin yang tipis 0.5 m, kain keras, risleting, kepala risleting, dan benang jahit.
Selanjutnya membuat kantong bagian depan, tas ini mempunyai kantong depan dengan bukaan risleting. Buat quilting untuk setiap badan tas (sisi, muka, bawah dan belakangnya). Kantong diletakkan di badan bagian depan tas.
Kemudian pola-pola yang sudah terpotong itu dilanjutkan ke Computer Embroidery Process. Dalam tahap ini, salah satu bagian pola dibordir dengan menggunakan bantuan komputer. Tulisan bordiran tentu saja disesuaikan dengan keinginan si pembuat tas. Semakin sulit desain bordir tas, akan memakan waktu yang semakin lama pula. Setelah proses bordiran selesai, kita harus merapikan bordirannya agar terlihat lebih rapi dan bagus.
Proses terakhir adalah sewing and join all component (penjahitan dan penggabungan semua komponen). Pola-pola yang sudah dipotong tadi digabungkan dengan dijahit.

Komentar